Sabtu, 18 Juli 2020

Kegiatan Pramuka Penggalang


halo teman - teman kali ini Pandu Pramuka ingin membahas sedikit tentang apa saja sih kegiatan pramuka penggalang itu?

oh iya sebelumnya pramuka penggalang itu adalah pramuka yang peserta nya di umur antara 11 sampai 15 tahun ya .



Kegiatan pramuka Penggalang ada 7 kegiatan yang biasa di lakukan antara lain:

 

1. Jambore

Jambore adalah pertemuan pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Jambore di selenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka, seperti Jambore ranting, Jambore cabang, Jambore daerah, Jambore nasional, Jambore regional dan Jambore se-Dunia.

2. Lomba tingkat (LT) 

Kegiatan ini adalah pertemuan pramuka penggalang. Lomba tingkat berbentuk perlombaan yang dilaksanakan secara beregu atau perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah keterampilan. Dilaksanakan dalam bentuk perkemahan,  lomba tingkat terdiri atas:  LT-I (tingkat gugus depan), LT-II (tingkat kwartir ranting),  LT-III (tingkat kwartir cabang), LT-IV (tingkat kwartir daerah) dan LT-V (tingkat kwartir nasional).

 

3. Perkemahan bakti

Perkemahan bakti adalah kegiatan pramuka Penggalang dalam rangka bakti pada masyarakat. Kegiatan ini biasanya berwujud peran serta dalam kegiatan pembangunan.

 

4. Gladian pimpinan regu (dianpinru).

Kegiatan ini adalah kegiatan pramuka Penggalang bagi pemimpin regu utama (pratama),  pemimpin regu (pinru), dan wakil pemimpin regu (wapinru). Dianpinru bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan.  Dianpinru diselenggarakan oleh gugus depan, kwartir ranting atau kwartir cabang.

 

5. Perkemahan.

Perkemahan adalah pertemuan pramuka Penggalang yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugus depan dalam satu periode. Perkemahan ini terdiri atas

a. Perkemahan pelantikan Penggalang baru, perkemahan kenaikan tingkat (dari Penggalang ramu ke panggalang rakit atau dari penggalangan rakit ke Penggalang terap),

b. Perkemahan sabtu minggu (persami),  perkemahan jumat sabtu minggu (perjusami),

c. Perkemahan hari libur dan sejenisnya.

Perkemahan di anggap sebagai kegiatan penghibur dan kegiatan sarat ilmu pengetahuan bagi mereka yang jarang kegiatan di alam terbuka.

 

6. Forum Penggalang

Kegiatan pramuka Penggalang ini berupa pertemuan yang kegunaannya untuk membahas suatu persoalan,  merumuskan hasil kajian, serta memecahkan masalah secara bersama. Tujuan kegiataan ini untuk  mensosialisasikan semangat Demokrasi dan pembelajaran metode pemecaha masalah,  sebagai modal bagi para Pramuka Penggalang di masa yang akan datang.

 

7. Penjelajahan

Penjelajahan merupakan pertemuan pramuka Penggalang berbentuk penjelajah,  dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas dan bertahan hidup.



2 komentar:

aneka bendera regu pramuka putra

Pandu pramuka adalah toko grosir perlengkapan sekolah dan pramuka. pandu pramuka mnyediakan berbagai perlengkapan sekolah dan pramuka. Seper...